Selasa, 25 Februari 2014

FESTIFAL IMLEK SINGAPORE: Keren!!!



Tahun Baru Imlek, atau yang dikenal juga sebagai Lunar New Year, atau Spring Festival (Festival Musim Semi), adalah salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Ini menjadi acara terbesar dan terpenting dalam komunitas etnis Tionghoa, yang dirayakan oleh seluruh warga Singapura bahkan dari segala kalangan. 

Secara tradisi, festival ini dimulai dari sejak hari pertama pada bulan pertama dalam kalendar China dan berakhir pada hari ke-15.



Secara simbolis, pakaian baru biasanya dipakai untuk menandai datangnya tahun yang baru ini. Dan juga merupakan tradisi bagi semua keluarga untuk membersihkan rumah mereka secara menyeluruh untuk “menyapu bersih” semua kesialan, dan membuka jalan bagi datangnya keberuntungan. Tahun Baru Imlek juga menyatukan anggota keluarga, yang ditandai dengan kunjungan ke kerabat, keluarga, dan sahabat, hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang disebut sebagai “kunjungan tahun baru”. Yang paling penting bagi anak-anak dan anggota keluarga yang lebih muda selama acara kunjungan ini adalah amplop merah, atau yang biasa disebut “hong pao”, yang berisi uang. Satu tradisi penting lainnya adalah Makan Malam Bersama, yang diadakan saat malam Tahun Baru Imlek, dimana saat ini menjadi sebuah kesempatan bagi seluruh anggota keluarga untuk berkumpul dan makan-makan bersama.

Selama perayaan ini berlangsung, jalan-jalan di kota Singapura akan semarak dengan suara musik tradisional, pemandangan lentera-lentera merah, dan wangi aroma dari berbagai kedai malam yang buka di area pemukiman di seluruh kota. 



Satu kawasan pemukiman yang pasti akan dimeriahkan adalah kawasan Chinatown, di mana saat ini Chinatown dipenuhi dengan warna-warni lampu jalanan, pasar malam dan dekorasi yang indah, di mana kawasan ini menjadi pusat perayaan Tahun Baru Imlek di Singapura. Waktu terbaik untuk menikmati suasana meriah yang ditawarkan Chinatown, adalah acara Chinatown Street Light Up. Saat inilah para penari barongsai, pemain atraksi pemakan api, dan kelompok tari wanita akan memeriahkan Kreta Ayer Square dengan pertunjukan yang memesona. Dengan dilengkapi kipas raksasa dan payung dengan pola-pola yang rumit, mereka akan memberi hiburan jalanan yang tak akan mudah Anda lupakan.



Dongeng-dongeng rakyat akan menjadi populer di saat festival ini. Di seluruh negeri, Anda akan melihat tarian naga dan singa di seluruh penjuru kota, yang menambah suasana meriah dan semarak pada kesempatan tersebut. Naga dan singa adalah karakter penting dalam kepercayaan Tionghoa; yang menceritakan asal-muasal dari Tiongkok kuno ketika Nien, seekor makhluk mitos yang menyiksa penduduk desa ternyata diketahui takut akan warna merah. 

Setiap tahunnya, di saat Tahun Baru Imlek, Singapura juga akan dimeriahkan dengan segala macam aktivitas dan acara. Puncak acara dari segala festival tersebut adalah Chingay Parade, yang merupakan sebuah parade jalanan yang megah dengan berbagai karnaval dari iring-iringan kendaraan hias, pertunjukan memesona seperti pemakan api, sulap, serta aksi tarian yang gemerlapan. Namun, untuk dapat menampung lebih banyak penonton, acara ini diadakan di lapangan Formula One Pit Building yang sangat luas, di sepanjang tepi laut Marina.

Acara populer lainnya saat Tahun Baru Imlek adalah acara River Hongbao. Digelar di kawasan Marina Bay Floating Platform dan Esplanade Waterfront Promenade pada pertengahan bulan Februari, area ini akan menjadi semarak dengan ramainya pertunjukan jalanan, gerai-gerai permainan, dan aneka toko, lentera hingga kembang api – yang merupakan acara favorit pengunjung selama Tahun Baru Imlek. 


Di kawasan dekat Esplanade, Festival tahunan Huayi, yang juga diadakan di bulan Februari, menampilkan seni tradisional dan kontemporer Tionghoa dalam berbagai bentuk seperti teater, opera dan musik, dan termasuk pertunjukan visual oleh para seniman Tionghoa ternama dari seluruh dunia.

Mari nikmati suasana Tahun Baru Imlek yang meriah di Singapura, serta nikmati beragam hiburan dari berbagai aktivitas yang diselenggarakan. Dapat dipastikan Anda akan lebih mengenal budaya serta tradisi Tionghoa, dan tentunya akan mendapat lebih banyak keberuntungan dan kemakmuran di tahun yang mendatang.

Pengen? Yuk booking aja tiketnya di sini:
Yuk Booking ticketnya di:

SRIKANDI TOUR AND TRAVEL; cheaper, faster
Revio Building Lt. 2
Jl. Kaliwaron 58-60 Surabaya 60285
Phone: 082141606278           
BB : 29F6B6B4

Ready Pesawat Dan Kereta Api

Ingin info unik dan menarik plus tips-tips tentang travelling?
Follow kami             : @travelkeren
: @singaporeyuk
: @thailandyuk
Page Facebook:       : Srikandi Tour And Travel
: yukkesingapore
: yukkethailand
Group                        : Travell Keren
Rujukan:http://www.yoursingapore.com
sumber foto 1) uniqpost.com 2) goodviewtravel.com 3) www.voucherhotel.com 4) beritadaerah.com 
5) sutrislavitz9.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar